7 Bahasa Pemrograman Populer di Indonesia

7 Bahasa Pemrograman Populer di Indonesia - Pengaturan bahasa adalah rangkaian kata-kata dalam bentuk pedoman atau perintah yang umumnya memuat banyak baris yang dapat dipahami oleh komputer. Bahasa program ini harus dikuasai oleh desainer untuk mengembangkan aplikasi atau aplikasi perangkat lunak. Dan untuk menghasilkan aplikasi tertentu kemudian memanfaatkan bahasa pemrograman yang sesuai dengan persyaratan aplikasi yang akan dibuat.

Jumlah bahasa pemrograman cukup. Dari sekian banyak program bahasa yang ada saat ini, jelas programmer tidak memanfaatkan semua bahasa program yang ada. Mereka hanya menggunakan 1 atau 2 bahasa pemrograman dalam membangun perangkat lunak.

Menurut Tiobe, di antara lembaga studi yang sebenarnya telah mencoba untuk menilai bahasa pemrograman yang lebih disukai di dunia dalam bentuk TIOBE Programming Community Index pada bulan Desember 2014, Java dan C masih merupakan yang pertama dan kedua yang paling disukai menunjukkan bahasa.

Kemudian di PYPL Popularitas Bahasa Pemrograman juga meluncurkan 11 penggunaan bahasa program pada umumnya hingga November 2014, mengungkapkan Java dan juga PHP berada di posisi pertama serta penempatan kedua sementara C dinilai ke-6.

Informasi di atas adalah bahasa program yang disukai yang digunakan di seluruh dunia, dalam artikel singkat CodePolitan ini tentu akan meringkas 10 bahasa pemrograman yang disukai yang digunakan di Indonesia. Bersamaan dengan memanfaatkan informasi dari TIOBE serta PYPL, CodePolitan merangkum berbagai bahasa acara populer berdasarkan berbagai peserta tim Facebook yang membahas mengenai program. Di sini ada 10 bahasa acara populer di Indonesia:

1. JAVA

Java adalah bahasa program yang dapat beroperasi di berbagai sistem, dari KOMPUTER hingga perangkat seluler. Bahasa pemrograman ini awalnya dibuat pada The Green Project pada tahun 1991 oleh Sun Microsystem yang kemudian diluncurkan pada Oracle. Nama Jawa itu sendiri dipilih karena fakta bahwa di antara pemilik Jawa, James Gosling, sangat menyukai kopi murni yang langsung digiling dari pembuat rol (kopi tubruk) di mana kopi semacam ini berasal dari pulau Jawa di Indonesia.

Java menjadi salah satu bahasa pemrograman yang paling disukai kecuali tanpa alasan, bahasa program ini memiliki beberapa manfaat seperti dapat bekerja pada berbagai sistem operasi, setelah itu menunjukkan bahasa termasuk ke dalam program OOP (program orientasi objek) untuk memastikan bahwa desainer lebih mudah dalam mempersiapkan program menggunakan bahasa ini, selain itu bahasa ini juga memiliki perpustakaan yang lengkap yang akan banyak mempromosikan para desainer. Dan juga ini adalah era di mana ponsel Android sangat umum digunakan. Aplikasi dalam ponsel Android dibangun menggunakan bahasa Java, sehingga banyak pengembang yang menggunakan bahasa ini karena sangat dibutuhkan.

2. C

Bahasa C ini terdiri dari bahasa pertunjukan tertua yang pernah ada sebelumnya. Bahasa pemrograman C dikembangkan dari sekitar tahun 70-an. Produsen bahasa C adalah Dennis Ritchie. Bahasa C akhirnya menjadi bahasa pemrograman yang menonjol di Indonesia karena banyak jurusan IT yang signifikan atau lembaga bahasa pemrograman menggunakan bahasa ini untuk menemukan awal sebelum belajar bahasa pemrograman lainnya. Bukan tanpa sebab bahasa C adalah dasar untuk menemukan bahasa acara lain, karena itu adalah bahasa C adalah "papa" dari bahasa acara lain seperti C #, Java, C + +, dll.

3. PHP

PHP (PHP Hypertext Pre-processor) adalah bahasa pemrograman yang paling umum digunakan di Indonesia. Selain menjadi gratis, PHP secara luas digunakan karena ini menunjukkan bahasa adalah scripting sisi server web yang dikembangkan untuk mengembangkan situs web dinamis. Selain itu, banyak situs terkemuka seperti Facebook, WordPress, atau Digg yang memanfaatkan PHP dalam kemajuannya. PHP pertama kali didirikan oleh Rasmus Lerdrorf.

4. Visual Basic

Aesthetic Basic adalah bahasa pemrograman yang dibuat oleh Microsoft. Bahasa program ini menyediakan IDE estetika dalam pengembangan perangkat lunak, dan bahasa program ini dibuat dengan membuat perangkat lunak berdasarkan sistem operasi Windows. VisualBasic sendiri merupakan turunan dari bahasa BASIC shows.

Sebuah studi pada tahun 2005 mengungkapkan bahwa 62% programmer aplikasi perangkat lunak menggunakan Visual Basic dalam pengembangan program perangkat lunak mereka, menjadikan VisualBasic di antara salah satu bahasa pemrograman yang paling disukai. Di Indonesia sendiri ada grup Visual Basic Indonesia yang memiliki lebih dari 22 ribu anggota.

5. Python

Dalam menunjukkan gelar bahasa, Python menyertakan bahasa tingkat tinggi. Python menjadi salah satu bahasa acara yang dapat membangun aplikasi, baik itu berbasis web atau berbasis seluler. Bahasa phyton ini terdiri dari bahasa pemorgraman yang relatif sangat mudah untuk pemula, karena bahasanya sangat mudah untuk mengecek dengan sintaks yang dimengerti juga. Banyak bisnis besar yang menggunakan Phyton dalam kemajuannya seperti Instagram, Pinterest, serta Rdio. Python juga digunakan oleh programmer Google, Yahoo !, dan juga NASA.

Di Indonesia sendiri ada tim Facebook yang membahas tentang Python yang sudah memiliki lebih dari 6000 peserta. Tim ini agak aktif, grup ini bernama Python Indonesia.

6. C ++.

C ++ adalah bahasa program pengembangan dari bahasa C. C ++ dan C memiliki sintaks yang hampir sama dalam menciptakan, meskipun dua bahasa pemrograman ini memiliki perbedaan dalam opsi masalah. Dalam bahasa C masalah pengalamatan dilakukan dengan memisahkan menjadi sub-masalah berukuran lebih kecil atau dapat disebut prosedural menunjukkan bahasa, sementara C ++ adalah berorientasi objek di mana masalah ini dipisahkan menjadi kursus. C ++ pertama kali didirikan oleh Bjarne Stroustrup.

C ++ adalah bahasa acara yang disukai karena beberapa bisnis perangkat lunak besar menggunakan bahasa ini untuk mengembangkan perangkat lunak mereka seperti Adobe, Firefox, atau Winamp yang saat ini sedang dimatikan.

7. JavaScript.

JavaScript adalah bahasa acara yang dibuat oleh Netscape. Penggunaan JavaScript saat ini sebagian besar dalam pengembangan internet. Dengan JavaScript ini kita bisa menghasilkan internet yang interaktif dan menarik. Di Indonesia sendiri ada grup Facebook yang berbicara tentang JavaScript ini dengan nama JavaScript Indonesia. Tim yang terdiri lebih dari 10.000 individu masih aktif hari ini.