Selamat Ulang Tahun ke 20 JavaScript

Selamat Ulang Tahun ke 20 JavaScript - Siapa yang tidak dikenal JavaScript. Mengkonfigurasi bahasa yang dikenal sebagai bahasa dari internet atau bahasa internet alias ini sudah dimanfaatkan oleh sebagian besar perancang internet, baik yang pemula maupun yang sudah maju. JavaScript awalnya diluncurkan pada Mei 1995 oleh Brendan Eich setelah bekerja dengan selama 10 hari.

Brendan Eich sendiri lupa persis pada tanggal berapa ia meluncurkan JavaScript (saat itu masih bernama Mocha). Hari tepat peluncurannya berkisar dari 6 hingga 15 Mei 1995. Karena saat ini tertanggal 16 Mei, telah dikonfirmasi bahwa JavaScript adalah 20 tahun.

Selamat Ulang Tahun ke 20 JavaScript

JavaScript adalah bahasa acara yang dibuat dengan waktu yang sangat singkat, hanya 10 hari. Namun, JavaScript hari ini sebenarnya telah berubah menjadi bahasa program yang dapat dimanfaatkan baik di frontend dan backend. Banyak pustaka yang berhasil serta kerangka kerja dibuat dengan JavaScript.

Awalnya JavaScript tidak diberi nama JavaScript. Nama aslinya adalah Mocha, nama yang dipilih oleh pencipta Netscape, Marc Andreessen.

Pada bulan September 1995, namanya diubah menjadi LiveScript. Kemudian pada tahun yang sama pada bulan Desember, LiveScript diubah ke JavaScript setelah memperoleh lisensi dari Sun Microsystem.

Banyak yang menduga bahwa JavaScript adalah bahasa pemrograman yang berasal dari Java. Meskipun kenyataannya tidak, namun tujuan penamaan JavaScript adalah untuk mengikuti popularitas Jawa saat itu.

Coding Javascript

Setelah beberapa waktu digunakan secara ekstensif, diperlukan pengembangan standar untuk bahasa program ini. Maka dari 1996 hingga 1997, JavaScript dibawa ke Asosiasi Produsen Komputer Eropa (ECMA) untuk mengurus spesifikasi konvensionalnya.

Mengingat bahwa nama JavaScript dilisensikan dari perusahaan Sun Microsystem maka nama ECMAScript diambil sebagai nama resminya. ECMAScript dan juga nama JavaScript dapat digunakan secara timbal balik karena fakta bahwa mereka mengacu pada bahasa yang sama. Variasi ECMAScript paling mutakhir adalah variasi 6 dan tampaknya ECMAScript 2015 juga akan diluncurkan segera tahun ini.

Melihat daya tarik JavaScript saat ini terlihat seperti riwayat JavaScript akan tetap berkembang selama bertahun-tahun yang akan datang. Semoga JavaScript dapat terus maju tepat ke bahasa web yang dapat diandalkan serta tidak tergantikan.